Dakwah dalam pengertian tertentu
setara dengan tugas manusia untuk melakukan ’amr ma’ruf dan nahyi
munkar. Esensi tugas ini sendiri direkam dalam qur’an surat Alu Imran ayat
104 dan 110. Muhammad saw sang pembawa risalah ada menjelaskan dalam haditsnya
bahwa dalam kerangka nahyi munkar setidaknya melibatkan tiga dimensi,
pertama bi yadihi, bi lisanihi dan bi qolbihi.
Artikel
ini mencoba membedah teks hadis dimaksud dengan metode takhrij.
Teks dan Syhaid Hadits yang terhimpun
وعن طارق بن شهاب قال اخرج مروان المنبرفى يوم
عيد فبدأ بالخطبة قبل الصلاة فقام رجل
فقال يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبرفى يومالعيد ولم يكن يخرج فيه وبدأت الخطبة
قبل الصلاة فقال ابوسعيد أما هذا فقد قضى ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى
منكرافاستطاع أن يغيره فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك
اضعف الايمان،، رواه أحمد ومسلم وأبو داود وابن ماجه.
Dari Thariq bin Syihab ia berkata: Marwan pernah mengeluarkan khutbah pada
suatu hari raya, kemudian ia memulai khutbah sebelum shalat, lalu ada seorang
laki-laki yang berdiri kemudian berkata: Hai Marwan, engkau menyalahi sunah
(nabi), engkau mengeluarkan mimbar pada hari raya sedang mimbar itu tidak
pernah dikeluarkan pada hari raya, dan engkau mendahulukan khutbah sebelum
shalat. Kemudian Abu Sa’id berkata: Orang ini telah melakukan kewajibannya,
karena aku pernah mendengar Rasulullah bersabda: Barangsiapa mengetahui
kemunkaran kemudian ia mampu mengubahnya maka hendaklah ia mengubahnya dengan
tangannya, jika ia tidak mampu (dengan tangannya) maka dengan lisannya, jika ia
tidak mampu maka dengan hatinya, sedang dengan hati itu adalah selemah-lemahnya
iman. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud dan Ibnu Majah)
Hadits tersebut dikutip dari Nailul Authar nomor
hadits 1681, h. 983-984. Dalam Jamiusshagir Juz II hadits tersebut diriwayatkan oleh Ahmad Bin Hambal
dan Imam Muslim, kemudian dilakukan penelusuran dalam Mu’jam mu Fakhras li
al fazh al hadits h. 33, maka diketahui bahwa hadits serupa dapat ditemukan
dalam Shahih Muslim kitab Iman hadits nomor 70; dalam Sunan At-Turmudzi kitab al-Fitan ‘an Rasulillah nomor hadits 2098;
dalam Sunan An-Nasa'i kitab al-Iman wa Syarai’ih nomor hadits
4922 – 4923; dalam Sunan Abu Daud kitab al-Shalah nomor hadits
963 dan kitab al-Mulâhim nomor hadits 3777,
Sunan Ibnu Majah kitab Iqamah al-Shalah wa al-Sunnah Fiha nomor
hadits 1265 dan 4003, dan Sunan Ahmad kitab Baqiy Musnad
al-Mukatstsirin nomor hadits 10651, 10723, 11034, 11068, 11090, 11114,
11442. sebagaimana kutipan berikut:
حدثنا أبو بكر بن شيبة حدثنا
وكيع عن سفيان ح وحدثنا محمدبن المثن وحدثنا محمدبن جعفر حدثنا شعبة كلاهما عن قيس
بن مسلم عن طارق بن شهاب وهذا حديث أب بكر قال أول من بدأ بالخطبة يومالعيد قبل
الصلاة مروان فقام إليه رجل فقال الصلاة قبل الخطبة فقال قد ترك ما هنا لك فقال
أبو سعيد أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكم
منكرافليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان،
حدثنا أبو كريب محمدبن العلاء حدثنا أبو معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن
أبيه عن أبى سعيد الخدرى وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى فى
قصة مروان وحديث أبى سعيد عن النبى صلى الله عليه وسلم بمثل حديث شعبة و سفيان. [1]
Menceritakan
kepada kami Abu Bakar ibn Syaibah menceritakan kepada kami Waki’ dari Sufyan
menceritakan kepada kami Muhammad ibn al-Mutsanna menceritakan kepada kami
Muhammad ibn Ja’far menceritakan kepada kami Syu’bah keduanya dari Qais ibn
Muslim dari Thariq ibn Syihab ini hadits Abu Bakar ia berkata orang yang
pertama kali memulai khutbah pada hari raya ‘id sebelum shalat adalah Marwan
maka berdirilah seorang lelaki dan berkata shalat sebelum khutbah maka ia
berkata telah ditinggalkan sesuatu di sana maka berkata Abu Sa’id adapun ini
telah diwajibkan atas apa yang telah aku dengar dari Rasulullah Saw. Barangsiapa
di antara kamu melihat kemunkaran maka hendaknya melarangnya dengan tangannya,
bila tidak bisa dengan tangan maka cukup dengan lidahnya, dan bila tidak mampu
juga maka cukup dengan hatinya, demikian itu termasuk yang paling lemah imannya. (HR. Muslim dalam kitab al-Iman,
nomor hadits 70).
حدثنا بندارحدثنا عبدالرحمن
بن مهدى حدثنا سفيان عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال أول من قدم الخطبة قبل
الصلاة مروان فقام رجل فقال لمروان خالفت السنة فقال يا فلان ترك ما هنالك فقال
أبو سعيد أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكرا فلينكره
بيده ومن لم يستطع فبلسانه ومن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان قال أبو عيس هذا
حديث حسن صحيح[2]
اخبرنا محمد بن بشار قال
حدثنا عبدالرحمن قال حدثنا سفيان عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال قال ابو سعيد
سمعت رسول الله صلعم قال من راى منكرافليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم
يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[3]
حدثنا عبدالحميد بن محمد قال
حدثنا مخلد قال حدثنا مالك بن مغول عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال قال ابو
سعيد الخدرى سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكرا فيغيره بيده فقد برئ ومن يستطع
ان يغيره بيده فغيره بلسانه فقد برئ ومن يستطع ان يغيره بلسانه فغيره بقلبه فقد
برئ وذلك اضعف الايمان[4]
حدثنامحمدبن العلاء وهنادبن
السرى قالا حدثنا أبو معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيد
وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى سمعت رسول الله صلعم يقول من
راى منكرافاستطاع ان يغيره بيده فليغير بيده وقطع هناد بقية الحديث وفاه ابن
العلاء فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع بلسانه فبقلبه وذلك اضعف الايمان[5]
حدثنامحمدبن العلاء حدثنا
أبو معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيدالخدرى وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى اخرج مروان المنبر
فى بو عيد فبدأ بلخطبة قبل الصلاة فقام رجل فقال رجل يا مروان خالفت السنة اخرجت
المنبر فى يوم عيد ولم يكن يخرج فيه وبدأت بالخطبة قبل الصلاة فقال ابوسعيدالخدرى
من هذا قالوافلان بن فلان فقال أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول
من راى منكرافاستطاع ان يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع
فبقلبه وذلك اضعف الايمان[6]
حدثنا أبو كريب حدثنا أبو
معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيد الخدرى، وعن قيس بن
مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى قال اخرج مروان المنبرفى يومالعيد فبدأ
بالخطبة قبل الصلاة فقام رجل فقال يا
مروان خالفت السنة اخرجت المنبر يوم عيد ولم يكن يخرج به وبدأت بالخطبة قبل الصلاة
ولم يكن يبدأ بها فقالابوسعيد أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من
راى منكرافاستطاع أن يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع
فبقلبه وذلك اضعف الايمان[7]
حدثنا أبو كريب حدثنا أبو
معاوية عن الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيد الخدرى وعن قيس بن مسلم
عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى قال اخرج مروان المنبرفى يوم عيد فبدأ بالخطبة
قبل الصلاة فقال رجل يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبر فى هذا اليوم ولم يكن يخرج
به وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ولم يكن يبدأ بها فقالابوسعيد أما هذا فقد قض ما عليه
سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكم منكرافاستطاع أن يغيره بيده فليغير بيده فان
لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[8]
حدثنا أبو معاوية حدثنا
الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب كلا هما عن أبى سعيد الخدرى قال اخرج مروان المنبرفى
يوم عيد ولم يكن يخرج به وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ولم يكن يبدأ بها قال فقاما رجل
فقال يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبر يوم عيد ولم يكن يخرج به فى يوم عيد وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ولم يكن
يبدأ بها قال فقال أبوسعيد من هذا قالو فلان بن فلان قال فقال أما هذا فقد قض ما
عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكم منكرافان استطاع أن يغيره بيده فليفعل
وقال مرة فليغير بيده فان لم يستطع بيده فبلسانه فان لم يستطع بلسانه فبقلبه وذلك
اضعف الايمان[9]
حدثنا يزيد أخبرنى شعبة عن
قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب خطب مروان قبل الصلاة فى يوم العيد فقاما رجل فقال
إنما كنت الصلاة قبل الخطبة فقال ترى ذلك يا أبا فلان فقام أبو سعيد الخدرى فقال
أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكرافليغير بيده فإن لم
يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[10]
حدثنا عبدالرحمن حدثنا سفيان
عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال أول من قدم الخطبة قبل الصلاة مروان فقام رجل
فقال يامروان خالفت السنة فقال ترك ما هناك ياابا فلان فقال أبو سعيد الخدرى أما
هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكم منكرافليغير بيده فإن لم
يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[11]
حدثنا محمد بن عبيد حدثنا
الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه قالأول من اخرج المنبريوم العيد مروان وأول من
بدأبالخطبة قبل الصلاة فقاما رجل فقال يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبر ولم يك
يخرج وبدأت بالخطبة قبل الصلاة قال أبوسعيد من هذا قالو فلان بن فلان قال أما هذا
فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكرافان استطاع أن يغيره بيده
فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[12]
حدثنا وكيع حدثنا سفيان عن
قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال أول من بدأ بالخطبة يوم عيد قبل الصلاة مروان بن
الحكم فقام إليه رجل فقال الصلاة قبل الخطبة فقال مروان ترك ما هنا لك فلان فقال
أبو سعيد الخدرى أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكم
منكرافليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[13]
حدثنا محمدبن جعفر حدثنا
شعبة عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب أن مروان خطب قبل الصلاة فقال له لاجل الصلاة
قيل الخطبة فقال له مروان ترك ذلك يا أبا فلان فقال أبو سعيد أما هذا فقد قض ما
عليه قال لنا رسول الله صلعم من رأى منكم منكرافلينكره بيده فإن لم يستطع فبلسانه
فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[14]
UNSUR HADITS
DAN DIAGRAM SANAD/RAWI
1.
Rawi dan Sanad
Sumber Kitab
|
Nomor Hadits
|
Rawi 1
|
Rawi 2
|
Rawi 3
|
Rawi 4
|
Rawi 5
|
Rawi 6
|
Muslim
|
70
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Sufyan/Abu Abdillah
|
Waki’
|
Abu Bakar bin
Abi Syaibah
|
Syu’bah
|
Muhammad bin
Ja’far
|
Muhammad bin
Musyana
|
|||||
Abu Ismail
|
Ismail bin
Roja
|
Sulaiman/A`masy
|
Abu Muawiyah
|
Muhammad bin
Ala’i
|
|||
Tirmidzi
|
2098
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Sufyan/ Abu
Abdillah
|
‘Abdulrahman
bin Mahdi
|
Muhammad bin
Basyar
|
Nasa’i
|
4922
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Thariq bin Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Sufyan/Abu
Abdillah
|
‘Abdulrahman
bin Mahdi
|
Muhammad bin
Basyar
|
4923
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Thariq bin Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Malik bin
Migwal
|
Makhlad
|
‘Abdul hamid
b. Muhammad
|
|
Abu Dawud
|
3777
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Abu
Ismail/Roja
|
Ismail bin
Roja
|
A`masy/
Sulaiman
|
Abu Muawiyah
|
Hanad bin
Sari
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Muhammad bin
‘Ala`i
|
|||||
Ibn Majah
|
1265
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Abu Ismail
|
Ismail bin
Roja
|
A`masy/
Sulaiman
|
Abu Muawiyah
|
Muhammad bin
‘Ala`i
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
||||||
4003
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Abu Ismail
|
Ismail bin
Roja
|
A`masy/
Sulaiman
|
Abu Muawiyah
|
Muhammad bin
‘Ala`i
|
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
||||||
Ahmad bin Hambal
|
10651
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Abu Ismail
|
Ismail bin
Roja
|
A`masy/
Sulaiman
|
Abu Muawiyah
|
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
||||||
10723
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Syu’bah
|
Yazid
|
||
11034
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Sufyan
|
‘Abdulrahman
bin Mahdi
|
||
11068
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Abu Ismail
|
Ismail bin
Roja
|
A`masy
|
Muhammad bin
Ubaid
|
||
11090
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Sufyan
|
Waki’
|
||
11442
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
Thariq bin
Shihab
|
Qaisy bin
Muslim
|
Syu’bah
|
Muhammad bin
Ja’far
|
2. Perbandingan
matan
من راى منكرافاستطاع ان
يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف
الايمان[15]
من راى منكرافاستطاع ان
يغيره بيده فليغير بيده وقطع هناد بقية الحديث وفاه ابن العلاء فان لم يستطع
فبلسانه فان لم يستطع بلسانه فبقلبه وذلك اضعف الايمان[16]
من راى منكرا فيغيره بيده
فقد برئ ومن يستطع ان يغيره بيده فغيره بلسانه فقد برئ ومن يستطع ان يغيره بلسانه
فغيره بقلبه فقد برئ وذلك اضعف الايمان[17]
من رأى منكرا فلينكره بيده
ومن لم يستطع فبلسانه ومن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان [18]
من رأى منكم منكرافليغير
بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[19]
من راى منكم منكرافاستطاع أن
يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف
الايمان[20]
من راى منكم منكرافان استطاع
أن يغيره بيده فليفعل وقال مرة فليغير بيده فان لم يستطع بيده فبلسانه فان لم
يستطع بلسانه فبقلبه وذلك اضعف الايمان[21]
من رأى منكرافليغير بيده فإن
لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[22]
من راى منكرافان استطاع أن
يغيره بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[23]
من رأى منكم منكرافلينكره
بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[24]
No
|
Rawi/sanad
|
L
|
W
|
Jarh
|
Ta’dil
|
Thabaqoh
|
1
|
Abu Sa’id al
Khudri
|
74 H
|
العد الة والتوثيق
|
صحاب / Sahabat
|
||
2
|
Thariq bin
Shihab
|
82 H
|
العد الة والتوثيق
|
صحاب / Sahabat
|
||
3
|
Qaisy bin
Muslim
|
120 H
|
صدوق شيئ الحفظ أو يهم
|
الصحابة ام تلق / Sahabat
Kecil
|
||
4
|
Roja/ Abu
Ismail
|
صدوق شيئ الحفظ أو يهم
|
الوسطى من التا
بعين / Tabiin
|
|||
5
|
Ismail bin
Roja
|
ثقة أو متقن أو عدل
|
الصغرى من التا
بعين / Tabiin Kecil
|
|||
6
|
Al A`masy/Sulaiman
|
147 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
الصغرى من التا
بعين / Tabiin Kecil
|
||
7
|
Malik bin
Migwal
|
159 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
كبارالإتباع /
Tabiutabiin Besar
|
||
8
|
Syu’bah
|
160 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
كبارالإتباع /
Tabiutabiin Besar
|
||
9
|
Sufyan/Abu Abdillah
|
161 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
كبارالإتباع /
Tabiutabiin Besar
|
||
10
|
Muhammad bin Ja’far
|
193 H
|
ثقة أو متقن أو عدل
|
الصغرى من الإتباع /
Tabiutabiin Kecil
|
||
11
|
Makhlad bin Yazid
|
193 H
|
صدوق شيئ الحفظ أو يهم
|
الصغرى من الإتباع /
Tabiutabiin Kecil
|
||
12
|
Abu Muawiyah/Muhammad b. Khajam
|
195 H
|
ثقة أو متقن أو عدل
|
الصغرى من الإتباع /
Tabiutabiin Kecil
|
||
13
|
Waki’ bin Hana
|
196 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
الصغرى من الإتباع /
Tabiutabiin Kecil
|
||
14
|
‘Abdulrahman bin Mahdi
|
198 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
الصغرى من الإتباع /
Tabiutabiin Kecil
|
||
15
|
Muhammad bin Ubaid
|
204 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
الوسطى من تبع
الإتباع / Tabiutabiin Kecil
|
||
16
|
Yazid
|
206 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
الصغرى من الإتباع /
Tabiutabiin Kecil
|
||
17
|
Abu Bakar bin Abi Syaibah
|
235 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
كبار تبع الإتباع / Tabi
tabiuttabiin besar
|
||
18
|
Hanad bin Sari
|
243 H
|
ثقة أو متقن أو عدل
|
كبار تبع الإتباع / Tabi
tabiuttabiin besar
|
||
19
|
Muhammad bin ‘Ala`i
|
248 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
كبار تبع الإتباع / Tabi
tabiuttabiin besar
|
||
20
|
Muhammad bin Musyana
|
252 H
|
ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
|
كبار تبع الإتباع / Tabi
tabiuttabiin besar
|
||
21
|
Muhammad bin Basyar
|
252 H
|
ثقة أو متقن أو عدل
|
كبار تبع الإتباع / Tabi
tabiuttabiin besar
|
||
22
|
‘Abdul Hamid bin Muhammad
|
266 H
|
ثقة أو متقن أو عدل
|
الوسطى من تبع
الإتباع / Tabi tabiuttabiin
|
3. Jenis dan
Kualifikasi Hadits.
·
Dari segi jumlah rawi, termasuk hadits Ahad,
Mashur dikalangan sahabat dan muttawatir dikalangan tabiin dan tabi tabiin.
·
Dari segi matan, bentuk hadits ini adalah hadits qauli
karena lafadz yang menghubungkan adalah (قال) Sedangkan penisbatan matannya sampai kepada Rasulullah Saw (marfu).
yaitu Qaul Nabi. (marfu qawli hakiki)
·
Dari segi sanad, hadits tersebut termasuk muttashil,
artinya sanadnya bersambung-sambung sampai kepada Rasulullah Saw., sedangkan
dari segi keadaan, hadits ini termasuk hadits nazil.
4. Tashih dan
Kualitas Hadits
- Dengan jalan tashih
Hadits tersebut termasuk hadits maqbul
shahih dengan sanad yang muttashil yakni tiap thabaqoh ada
perawi dan bersambung, matannya marfu kepada nabi, dan rawin-rawinya adil
dabth.
Ditinjau dari sadzul matan hadits
di atas dianggap tidak bertentangan dengan hadits-hadits yang lebih tsiqat
bahkan dipandang kuat karena ada hadits lain yang secara makna sama bahkan di
beberapa kitab para perawi hadits, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa
hadits tersebut ghairu sadz. Sedangkan apabila ditinjau dari illatul hadits dipandang selamat
karena tidak terdapat matan yang dicurigai baik berupa sisipan maupun adanya
kata-kata yang sukar dipahami.
- Dengan jalan I'tibar, yaitu berdasarkan literatur yang memberikan petunjuk tentang kualitas hadits di atas antara lain:
a. Kitab Diwan hadits,
hadits tersebut terdapat dalam kitab Mashadir al-Ashliyah yaitu dalam
kitab hadits Shahih Muslim pada kitab al-Iman nomor 70. Pada teks hadits
tersebut Muslim memberikan komentar tentang hadits tersebut, sehingga
berdasarkan komentarnya beliau menyatakan hadits tersebut shahih.
b. Kitab Fan, hadits
ini tertuang dalam kitab, Amar Ma’ruf nahi Munkar karya Imam Ibn
Taymiah.
5. Tathbiq dan
Ta’amul Hadits
Tidak diragukan lagi bahwa hadits di atas dikategorikan hadits maqbul.
Selanjutnya hadits tersebut termasuk ke dalam hadits Muhkam yaitu hadits
yang bisa diamalkan secara pasti, sebab tidak ada syubhat sedikit pun,
tidak ada pertentangan dengan hadits lain yang mempengaruhi atau melawan
artinya, jelas dan tegas lafadz dan maknanya.
6. Mufrodat dan
maksud
رأى yaitu melihat dengan mata kepala sendiri secara nyata
منكرا yaitu perbuatan keji atau tidak menyenangkan bagi orang lain pada umumnya
يغير yaitu mencegah dengan upaya yang dimiliki
يد yaitu tangan dan kadangkala banyak diartikan kekuatan
atau kekuasaan
يستطع yaitu mampu melakukan
لسان yaitu lidah, ucapan, dan perkataan
قلب yaitu hati, merubah bentuk, rupa dan sebagainya, dan membalikkan
ضعف yaitu lemah, tidak berdaya, tidak ada kekuatan
7. Munasabah dan
asbabul wurud
Hadits ini memiliki realasi makna yang senada pesannya
dengan Q.S. Alu Imran ayat 104 dan 110:
104. Dan hendaklah ada di
antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang
ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.
110. Kamu adalah umat
yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan
mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab
beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang
beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.
Demikian
juga dengan haditds riwayat Ibn Majah yang menyatakan:
إنالناس
إذارأواالمنكرفلم يغيروه، أوشك أنيعمهم الله فعقا ب منه
Sesungguhnya Jika manusia melihat kemunkaran dan tidak
merubahnya, dikhawatirkan semua manusia akan terkena siksa Allah lantarannya.
Wurudnya
hadits ini dari Said al Khudri ketika Marwan dalam suatu peristiwa khutbah ied,
telah mendahulukan khutbah sebelum shalat, dan seseorang kemudian menegurnya,
maka berkomentar Abu Said al Khudri bahwa orang tersebut telah melakukan
kewajiban untuk mencegah kemunkaran dengan kemampuan lisan sebagai mana yang
pernah ia dengar mengenai hal ini dari rasul.
8. Istinbath ul
Ahkam
Kandungan hadits atau hukum yang dapat diambil darinya (istinbath al-ahkam) dapat disimpulkan sebagai
berikut:
Amar
ma’ruf dan nahi munkar sangat diperlukan untuk menegakkan kebenaran dan
keadilan; berinteraksi dengan sesama muslim menggunakan akhlak yang mulia agar
tidak terjadi saling permusuhan di antara kaum muslim yang kan menimbulkan
saling tolong-menolong saling mengasihani, saling membantu dalam memenuhi
kebutuhan dan yang lainnya yang bersifat baik untuk kemaslahatan manusia; dan
Pentingnya saling menasihati di antara sesama muslim agar tidak tergelincir
pada jurang kehinaan atau dosa yang akan mengakibatkan kerugian bagi dirinya
dan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhannya. Dengan perspektif nalar demikian
pula substansial dapat disimpulkan bahwa mencegah kemunkaran adalah kewajiban.
Mengikuti
kaidah lughawi dalam ushul fiqh bahwa al ashlu al amru lil wujub, bahwa
pada dasarnya kalimat amr menunjukan
atau mengandung kewajiban. dalam hadits tersebut terdapat kalimat falyughoyiru/yughoyiru,
jadi dengan mengikuti kaidah ini maka dapat diambil hukum bahwa mencegah
kemunkaran adalah hal yang wajib.
9. Problematika
Tafhim dan Tathbiq
Karena al-Qur'an tidak mengandung masalah-masalah hukum secara detail, akan
tetapi hanya isyarat dan prinsip-prinsip terutama dalam bidang amar ma’ruf
nahi munkar. Dan sebagai orang yang pertama bertugas memberikan penjelasan
adalah Nabi Muhammad sendiri. Zaman akan terus berubah sampai akhirnya tidak
ada lagi kehidupan ini, selama itulah manusia memerlukan petunjuk yang sesuai
dengan prinsip-prinsip ajaran al-Qur'an dan al-Sunnah. Untuk menggalinya maka
kita harus terus berupaya memproses pengambilan hukum dari kedua sumber
tersebut sebagai hujjah dalam penetapan hukum Islam.
10. Khulasah dan
Natijah
Dari penjelasan beberapa langkah yang telah ditempuh penulis sebagai
pentakhrij dalam hadits ini, maka penulis dapat mengambil kesimpulan
sebagaimana berikut ini:
- Teks hadits tersebut jika dilihat dari esensinya adalah hadits, karena memenuhi kriteria persyaratan hadits baik secara istilahan, arkanan, dilalatan, maupun musthalahan. Hadits tersebut diriwayatkan oleh enam mudawin yakni Muslim, Abu Dawud, Nasa’i, Tirmidzi, Ibn Majah dan Ahmad bin Hambal.
- Dilihat dari jenisnya hadits tersebut adalah hadits ahad, mashur dikalangan sahabat, mutawatir di kalangan tabiin demikian pula tabi tabiin dan tabi tabi tabiin serta di kalangan mudawin, dari segi sanad muttasil dan dari segi matan marfu qauli hakiki.
- Secara kualitas hadits tersebut dapat dikategorikan hadits sahih. Dengan demikian dapat diamalkan secara pasti dan bisa dijadikan hujjah.
- Hadits tersebut memiliki kandungan hukum baik dari kaidah lughawi, maupun substansial bahwa mencegah kemunkaran adalah wajib.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar