Rabu, 03 September 2014

SYARAH DAN KRITIK DENGAN METODE TAKHRIJ HADITS MENCEGAH KEMUNKARAN DENGAN TANGAN, LISAN DAN HATI


Dakwah dalam pengertian tertentu setara dengan tugas manusia untuk melakukan ’amr ma’ruf dan nahyi munkar. Esensi tugas ini sendiri direkam dalam qur’an surat Alu Imran ayat 104 dan 110. Muhammad saw sang pembawa risalah ada menjelaskan dalam haditsnya bahwa dalam kerangka nahyi munkar setidaknya melibatkan tiga dimensi, pertama bi yadihi, bi lisanihi dan bi qolbihi.
Artikel ini mencoba membedah teks hadis dimaksud dengan metode takhrij.


Teks dan Syhaid Hadits yang terhimpun

 وعن طارق بن شهاب قال اخرج مروان المنبرفى يوم عيد فبدأ بالخطبة قبل الصلاة فقام  رجل فقال يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبرفى يومالعيد ولم يكن يخرج فيه وبدأت الخطبة قبل الصلاة فقال ابوسعيد أما هذا فقد قضى ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكرافاستطاع أن يغيره فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان،، رواه أحمد ومسلم وأبو داود وابن ماجه.
Dari Thariq bin Syihab ia berkata: Marwan pernah mengeluarkan khutbah pada suatu hari raya, kemudian ia memulai khutbah sebelum shalat, lalu ada seorang laki-laki yang berdiri kemudian berkata: Hai Marwan, engkau menyalahi sunah (nabi), engkau mengeluarkan mimbar pada hari raya sedang mimbar itu tidak pernah dikeluarkan pada hari raya, dan engkau mendahulukan khutbah sebelum shalat. Kemudian Abu Sa’id berkata: Orang ini telah melakukan kewajibannya, karena aku pernah mendengar Rasulullah bersabda: Barangsiapa mengetahui kemunkaran kemudian ia mampu mengubahnya maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya, jika ia tidak mampu (dengan tangannya) maka dengan lisannya, jika ia tidak mampu maka dengan hatinya, sedang dengan hati itu adalah selemah-lemahnya iman. (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud dan Ibnu Majah)

Hadits tersebut dikutip dari Nailul Authar nomor hadits 1681, h. 983-984. Dalam Jamiusshagir Juz II hadits tersebut diriwayatkan oleh Ahmad Bin Hambal dan Imam Muslim, kemudian dilakukan penelusuran dalam Mu’jam mu Fakhras li al fazh al hadits h. 33, maka diketahui bahwa hadits serupa dapat ditemukan dalam Shahih Muslim kitab Iman hadits nomor 70; dalam Sunan At-Turmudzi kitab al-Fitan ‘an Rasulillah nomor hadits 2098; dalam Sunan An-Nasa'i kitab al-Iman wa Syarai’ih nomor hadits 4922 – 4923; dalam Sunan Abu Daud kitab al-Shalah nomor hadits 963 dan kitab al-Mulâhim nomor hadits 3777, Sunan Ibnu Majah kitab Iqamah al-Shalah wa al-Sunnah Fiha nomor hadits 1265 dan 4003, dan Sunan Ahmad kitab Baqiy Musnad al-Mukatstsirin nomor hadits 10651, 10723, 11034, 11068, 11090, 11114, 11442. sebagaimana kutipan berikut:

حدثنا أبو بكر بن شيبة حدثنا وكيع عن سفيان ح وحدثنا محمدبن المثن وحدثنا محمدبن جعفر حدثنا شعبة كلاهما عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب وهذا حديث أب بكر قال أول من بدأ بالخطبة يومالعيد قبل الصلاة مروان فقام إليه رجل فقال الصلاة قبل الخطبة فقال قد ترك ما هنا لك فقال أبو سعيد أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكم منكرافليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان، حدثنا أبو كريب محمدبن العلاء حدثنا أبو معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيد الخدرى وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى فى قصة مروان وحديث أبى سعيد عن النبى صلى الله عليه وسلم بمثل حديث شعبة و سفيان. [1] 
Menceritakan kepada kami Abu Bakar ibn Syaibah menceritakan kepada kami Waki’ dari Sufyan menceritakan kepada kami Muhammad ibn al-Mutsanna menceritakan kepada kami Muhammad ibn Ja’far menceritakan kepada kami Syu’bah keduanya dari Qais ibn Muslim dari Thariq ibn Syihab ini hadits Abu Bakar ia berkata orang yang pertama kali memulai khutbah pada hari raya ‘id sebelum shalat adalah Marwan maka berdirilah seorang lelaki dan berkata shalat sebelum khutbah maka ia berkata telah ditinggalkan sesuatu di sana maka berkata Abu Sa’id adapun ini telah diwajibkan atas apa yang telah aku dengar dari Rasulullah Saw. Barangsiapa di antara kamu melihat kemunkaran maka hendaknya melarangnya dengan tangannya, bila tidak bisa dengan tangan maka cukup dengan lidahnya, dan bila tidak mampu juga maka cukup dengan hatinya, demikian itu termasuk  yang paling lemah imannya. (HR. Muslim dalam kitab al-Iman, nomor hadits 70).

حدثنا بندارحدثنا عبدالرحمن بن مهدى حدثنا سفيان عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال أول من قدم الخطبة قبل الصلاة مروان فقام رجل فقال لمروان خالفت السنة فقال يا فلان ترك ما هنالك فقال أبو سعيد أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكرا فلينكره بيده ومن لم يستطع فبلسانه ومن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان قال أبو عيس هذا حديث حسن صحيح[2]

اخبرنا محمد بن بشار قال حدثنا عبدالرحمن قال حدثنا سفيان عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال قال ابو سعيد سمعت رسول الله صلعم قال من راى منكرافليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[3]

حدثنا عبدالحميد بن محمد قال حدثنا مخلد قال حدثنا مالك بن مغول عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال قال ابو سعيد الخدرى سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكرا فيغيره بيده فقد برئ ومن يستطع ان يغيره بيده فغيره بلسانه فقد برئ ومن يستطع ان يغيره بلسانه فغيره بقلبه فقد برئ وذلك اضعف الايمان[4]

حدثنامحمدبن العلاء وهنادبن السرى قالا حدثنا أبو معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيد وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكرافاستطاع ان يغيره بيده فليغير بيده وقطع هناد بقية الحديث وفاه ابن العلاء فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع بلسانه فبقلبه وذلك اضعف الايمان[5]
حدثنامحمدبن العلاء حدثنا أبو معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيدالخدرى وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى اخرج مروان المنبر فى بو عيد فبدأ بلخطبة قبل الصلاة فقام رجل فقال رجل يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبر فى يوم عيد ولم يكن يخرج فيه وبدأت بالخطبة قبل الصلاة فقال ابوسعيدالخدرى من هذا قالوافلان بن فلان فقال أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكرافاستطاع ان يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[6]

حدثنا أبو كريب حدثنا أبو معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيد الخدرى، وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى قال اخرج مروان المنبرفى يومالعيد فبدأ بالخطبة قبل الصلاة فقام  رجل فقال يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبر يوم عيد ولم يكن يخرج به وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ولم يكن يبدأ بها فقالابوسعيد أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكرافاستطاع أن يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[7]

حدثنا أبو كريب حدثنا أبو معاوية عن الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه عن أبى سعيد الخدرى وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبى سعيد الخدرى قال اخرج مروان المنبرفى يوم عيد فبدأ بالخطبة قبل الصلاة فقال رجل يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبر فى هذا اليوم ولم يكن يخرج به وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ولم يكن يبدأ بها فقالابوسعيد أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكم منكرافاستطاع أن يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[8]

حدثنا أبو معاوية حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه وعن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب كلا هما  عن أبى سعيد الخدرى قال اخرج مروان المنبرفى يوم عيد ولم يكن يخرج به وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ولم يكن يبدأ بها قال فقاما رجل فقال يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبر يوم عيد ولم يكن يخرج به  فى يوم عيد وبدأت بالخطبة قبل الصلاة ولم يكن يبدأ بها قال فقال أبوسعيد من هذا قالو فلان بن فلان قال فقال أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكم منكرافان استطاع أن يغيره بيده فليفعل وقال مرة فليغير بيده فان لم يستطع بيده فبلسانه فان لم يستطع بلسانه فبقلبه وذلك اضعف الايمان[9]

حدثنا يزيد أخبرنى شعبة عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب خطب مروان قبل الصلاة فى يوم العيد فقاما رجل فقال إنما كنت الصلاة قبل الخطبة فقال ترى ذلك يا أبا فلان فقام أبو سعيد الخدرى فقال أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكرافليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[10]

حدثنا عبدالرحمن حدثنا سفيان عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال أول من قدم الخطبة قبل الصلاة مروان فقام رجل فقال يامروان خالفت السنة فقال ترك ما هناك ياابا فلان فقال أبو سعيد الخدرى أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكم منكرافليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[11]

حدثنا محمد بن عبيد حدثنا الأعمش عن إسمعيل بن رجاء عن أبيه قالأول من اخرج المنبريوم العيد مروان وأول من بدأبالخطبة قبل الصلاة فقاما رجل فقال يا مروان خالفت السنة اخرجت المنبر ولم يك يخرج وبدأت بالخطبة قبل الصلاة قال أبوسعيد من هذا قالو فلان بن فلان قال أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من راى منكرافان استطاع أن يغيره بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[12]

حدثنا وكيع حدثنا سفيان عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب قال أول من بدأ بالخطبة يوم عيد قبل الصلاة مروان بن الحكم فقام إليه رجل فقال الصلاة قبل الخطبة فقال مروان ترك ما هنا لك فلان فقال أبو سعيد الخدرى أما هذا فقد قض ما عليه سمعت رسول الله صلعم يقول من رأى منكم منكرافليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[13]

حدثنا محمدبن جعفر حدثنا شعبة عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب أن مروان خطب قبل الصلاة فقال له لاجل الصلاة قيل الخطبة فقال له مروان ترك ذلك يا أبا فلان فقال أبو سعيد أما هذا فقد قض ما عليه قال لنا رسول الله صلعم من رأى منكم منكرافلينكره بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[14]

UNSUR HADITS DAN DIAGRAM SANAD/RAWI
1.        Rawi dan Sanad

           
Sumber Kitab
Nomor Hadits
Rawi 1
Rawi 2
Rawi 3
Rawi 4
Rawi 5
Rawi 6
Muslim
70


Abu Sa’id al Khudri

Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Sufyan/Abu Abdillah
Waki’
Abu Bakar bin Abi Syaibah
Syu’bah
Muhammad bin Ja’far
Muhammad bin Musyana
Abu Ismail
Ismail bin Roja
Sulaiman/A`masy
Abu Muawiyah
Muhammad bin Ala’i
Tirmidzi
2098
Abu Sa’id al Khudri
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Sufyan/ Abu Abdillah
‘Abdulrahman bin Mahdi
Muhammad bin Basyar
Nasa’i
4922
Abu Sa’id al Khudri
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Sufyan/Abu Abdillah
‘Abdulrahman bin Mahdi
Muhammad bin Basyar
4923
Abu Sa’id al Khudri
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Malik bin Migwal
Makhlad
‘Abdul hamid b. Muhammad
Abu Dawud
3777

Abu Sa’id al Khudri

Abu Ismail/Roja
Ismail bin Roja

A`masy/ Sulaiman

Abu Muawiyah
Hanad bin Sari
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Muhammad bin ‘Ala`i
Ibn Majah
1265

Abu Sa’id al Khudri


Abu Ismail

Ismail bin Roja
A`masy/ Sulaiman

Abu Muawiyah

Muhammad bin ‘Ala`i
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
4003

Abu Sa’id al Khudri

Abu Ismail
Ismail bin Roja

A`masy/ Sulaiman

Abu Muawiyah

Muhammad bin ‘Ala`i
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Ahmad bin Hambal
10651

Abu Sa’id al Khudri
Abu Ismail
Ismail bin Roja

A`masy/ Sulaiman

Abu Muawiyah


Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
10723
Abu Sa’id al Khudri
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Syu’bah
Yazid

11034
Abu Sa’id al Khudri
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Sufyan
‘Abdulrahman bin Mahdi

11068
Abu Sa’id al Khudri
Abu Ismail
Ismail bin Roja
A`masy
Muhammad bin Ubaid

11090
Abu Sa’id al Khudri
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Sufyan
Waki’

11442
Abu Sa’id al Khudri
Thariq bin Shihab
Qaisy bin Muslim
Syu’bah
Muhammad bin Ja’far


2.      Perbandingan matan

من راى منكرافاستطاع ان يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[15]
من راى منكرافاستطاع ان يغيره بيده فليغير بيده وقطع هناد بقية الحديث وفاه ابن العلاء فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع بلسانه فبقلبه وذلك اضعف الايمان[16]
من راى منكرا فيغيره بيده فقد برئ ومن يستطع ان يغيره بيده فغيره بلسانه فقد برئ ومن يستطع ان يغيره بلسانه فغيره بقلبه فقد برئ وذلك اضعف الايمان[17]
من رأى منكرا فلينكره بيده ومن لم يستطع فبلسانه ومن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان [18]
من رأى منكم منكرافليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[19]
من راى منكم منكرافاستطاع أن يغيره بيده فليغير بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[20]
من راى منكم منكرافان استطاع أن يغيره بيده فليفعل وقال مرة فليغير بيده فان لم يستطع بيده فبلسانه فان لم يستطع بلسانه فبقلبه وذلك اضعف الايمان[21]
من رأى منكرافليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[22]
من راى منكرافان استطاع أن يغيره بيده فان لم يستطع فبلسانه فان لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الايمان[23]
من رأى منكم منكرافلينكره بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك اضعف الإيمان[24]



No
Rawi/sanad
L
W
Jarh
Ta’dil
Thabaqoh
1
Abu Sa’id al Khudri

74 H

العد الة والتوثيق
صحاب / Sahabat
2
Thariq bin Shihab

82 H

العد الة والتوثيق
صحاب / Sahabat
3
Qaisy bin Muslim

120 H

صدوق شيئ الحفظ أو يهم
الصحابة  ام تلق / Sahabat Kecil
4
Roja/ Abu Ismail



صدوق شيئ الحفظ أو يهم
الوسطى من التا بعين / Tabiin
5
Ismail bin Roja



ثقة أو متقن أو عدل
الصغرى من التا بعين / Tabiin Kecil
6
Al A`masy/Sulaiman

147 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
الصغرى من التا بعين / Tabiin Kecil
7
Malik bin Migwal

159 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
كبارالإتباع / Tabiutabiin Besar
8
Syu’bah

160 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
كبارالإتباع / Tabiutabiin Besar
9
Sufyan/Abu Abdillah

161 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
كبارالإتباع / Tabiutabiin Besar
10
Muhammad bin Ja’far

193 H

ثقة أو متقن أو عدل
الصغرى من الإتباع / Tabiutabiin Kecil
11
Makhlad bin Yazid

193 H

صدوق شيئ الحفظ أو يهم
الصغرى من الإتباع / Tabiutabiin Kecil
12
Abu Muawiyah/Muhammad b. Khajam

195 H

ثقة أو متقن أو عدل
الصغرى من الإتباع / Tabiutabiin Kecil
13
Waki’ bin Hana

196 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
الصغرى من الإتباع / Tabiutabiin Kecil
14
‘Abdulrahman bin Mahdi

198 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
الصغرى من الإتباع / Tabiutabiin Kecil
15
Muhammad bin Ubaid

204 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
الوسطى من تبع الإتباع / Tabiutabiin Kecil
16
Yazid

206 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
الصغرى من الإتباع / Tabiutabiin Kecil
17
Abu Bakar bin Abi Syaibah

235 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
كبار تبع الإتباع / Tabi tabiuttabiin besar
18
Hanad bin Sari

243 H

ثقة أو متقن أو عدل
كبار تبع الإتباع / Tabi tabiuttabiin besar
19
Muhammad bin ‘Ala`i

248 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
كبار تبع الإتباع / Tabi tabiuttabiin besar
20
Muhammad bin Musyana

252 H

ثقة ثقة أو ثقة حا فظ
كبار تبع الإتباع / Tabi tabiuttabiin besar
21
Muhammad bin Basyar

252 H

ثقة أو متقن أو عدل
كبار تبع الإتباع / Tabi tabiuttabiin besar
22
‘Abdul Hamid bin Muhammad

266 H

ثقة أو متقن أو عدل
الوسطى من تبع الإتباع / Tabi tabiuttabiin
3.      Jenis dan Kualifikasi Hadits.
·         Dari segi jumlah rawi, termasuk hadits Ahad, Mashur dikalangan sahabat dan muttawatir dikalangan tabiin dan tabi tabiin.
·         Dari segi matan, bentuk hadits ini adalah hadits qauli karena lafadz yang menghubungkan adalah (قال) Sedangkan penisbatan matannya sampai kepada Rasulullah Saw (marfu). yaitu Qaul Nabi. (marfu qawli hakiki)
·         Dari segi sanad, hadits tersebut termasuk muttashil, artinya sanadnya bersambung-sambung sampai kepada Rasulullah Saw., sedangkan dari segi keadaan, hadits ini termasuk hadits nazil.

4.      Tashih dan Kualitas Hadits
  1. Dengan jalan tashih
Hadits tersebut termasuk hadits maqbul shahih dengan sanad yang muttashil yakni tiap thabaqoh ada perawi dan bersambung, matannya marfu kepada nabi, dan rawin-rawinya adil dabth.
Ditinjau dari sadzul matan hadits di atas dianggap tidak bertentangan dengan hadits-hadits yang lebih tsiqat bahkan dipandang kuat karena ada hadits lain yang secara makna sama bahkan di beberapa kitab para perawi hadits, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hadits tersebut ghairu sadz. Sedangkan apabila ditinjau dari illatul hadits dipandang selamat karena tidak terdapat matan yang dicurigai baik berupa sisipan maupun adanya kata-kata yang sukar dipahami.

  1. Dengan jalan I'tibar, yaitu berdasarkan literatur yang memberikan petunjuk tentang kualitas hadits di atas antara lain:
a.      Kitab Diwan hadits, hadits tersebut terdapat dalam kitab Mashadir al-Ashliyah yaitu dalam kitab hadits Shahih Muslim pada kitab al-Iman nomor 70. Pada teks hadits tersebut Muslim memberikan komentar tentang hadits tersebut, sehingga berdasarkan komentarnya beliau menyatakan hadits tersebut shahih.
b.      Kitab Fan, hadits ini tertuang dalam kitab, Amar Ma’ruf nahi Munkar karya Imam Ibn Taymiah.

5.      Tathbiq dan Ta’amul Hadits
Tidak diragukan lagi bahwa hadits di atas dikategorikan hadits maqbul. Selanjutnya hadits tersebut termasuk ke dalam hadits Muhkam yaitu hadits yang bisa diamalkan secara pasti, sebab tidak ada syubhat sedikit pun, tidak ada pertentangan dengan hadits lain yang mempengaruhi atau melawan artinya, jelas dan tegas lafadz dan maknanya.

6.      Mufrodat dan maksud
رأى            yaitu melihat dengan mata kepala sendiri secara nyata
منكرا           yaitu perbuatan keji atau tidak menyenangkan bagi orang lain pada umumnya
يغير            yaitu mencegah dengan upaya yang dimiliki
يد                yaitu tangan dan kadangkala banyak diartikan kekuatan atau kekuasaan
يستطع        yaitu mampu melakukan
لسان          yaitu lidah, ucapan, dan perkataan
قلب           yaitu hati, merubah bentuk, rupa dan sebagainya, dan membalikkan
ضعف      yaitu lemah, tidak berdaya, tidak ada kekuatan
                                                                                  
7.       Munasabah dan asbabul wurud
Hadits ini memiliki realasi makna yang senada pesannya dengan Q.S. Alu Imran ayat 104 dan 110:
104.  Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.


110.  Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Demikian juga dengan haditds riwayat Ibn Majah yang menyatakan:
إنالناس إذارأواالمنكرفلم يغيروه، أوشك أنيعمهم الله فعقا ب منه
Sesungguhnya Jika manusia melihat kemunkaran dan tidak merubahnya, dikhawatirkan semua manusia akan terkena siksa Allah lantarannya.
Wurudnya hadits ini dari Said al Khudri ketika Marwan dalam suatu peristiwa khutbah ied, telah mendahulukan khutbah sebelum shalat, dan seseorang kemudian menegurnya, maka berkomentar Abu Said al Khudri bahwa orang tersebut telah melakukan kewajiban untuk mencegah kemunkaran dengan kemampuan lisan sebagai mana yang pernah ia dengar mengenai hal ini dari rasul.

8.      Istinbath ul Ahkam
Kandungan hadits atau hukum yang dapat diambil darinya (istinbath al-ahkam) dapat disimpulkan sebagai berikut:
Amar ma’ruf dan nahi munkar sangat diperlukan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan; berinteraksi dengan sesama muslim menggunakan akhlak yang mulia agar tidak terjadi saling permusuhan di antara kaum muslim yang kan menimbulkan saling tolong-menolong saling mengasihani, saling membantu dalam memenuhi kebutuhan dan yang lainnya yang bersifat baik untuk kemaslahatan manusia; dan Pentingnya saling menasihati di antara sesama muslim agar tidak tergelincir pada jurang kehinaan atau dosa yang akan mengakibatkan kerugian bagi dirinya dan akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhannya. Dengan perspektif nalar demikian pula substansial dapat disimpulkan bahwa mencegah kemunkaran adalah kewajiban.
Mengikuti kaidah lughawi dalam ushul fiqh bahwa al ashlu al amru lil wujub, bahwa pada dasarnya kalimat amr menunjukan  atau mengandung kewajiban. dalam hadits tersebut terdapat kalimat falyughoyiru/yughoyiru, jadi dengan mengikuti kaidah ini maka dapat diambil hukum bahwa mencegah kemunkaran adalah hal yang wajib.

9.      Problematika Tafhim dan Tathbiq
Karena al-Qur'an tidak mengandung masalah-masalah hukum secara detail, akan tetapi hanya isyarat dan prinsip-prinsip terutama dalam bidang amar ma’ruf nahi munkar. Dan sebagai orang yang pertama bertugas memberikan penjelasan adalah Nabi Muhammad sendiri. Zaman akan terus berubah sampai akhirnya tidak ada lagi kehidupan ini, selama itulah manusia memerlukan petunjuk yang sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran al-Qur'an dan al-Sunnah. Untuk menggalinya maka kita harus terus berupaya memproses pengambilan hukum dari kedua sumber tersebut sebagai hujjah dalam penetapan hukum Islam.

10.   Khulasah dan Natijah
Dari penjelasan beberapa langkah yang telah ditempuh penulis sebagai pentakhrij dalam hadits ini, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagaimana berikut ini:
  1. Teks hadits tersebut jika dilihat dari esensinya adalah hadits, karena memenuhi kriteria persyaratan hadits baik secara istilahan, arkanan, dilalatan, maupun musthalahan. Hadits tersebut diriwayatkan oleh enam mudawin yakni Muslim, Abu Dawud, Nasa’i, Tirmidzi, Ibn Majah dan Ahmad bin Hambal.
  2. Dilihat dari jenisnya hadits tersebut adalah hadits ahad, mashur dikalangan sahabat, mutawatir di kalangan  tabiin demikian pula tabi tabiin dan tabi tabi tabiin serta di kalangan mudawin, dari segi sanad muttasil dan dari segi matan marfu  qauli hakiki.
  3. Secara kualitas hadits tersebut dapat dikategorikan hadits sahih. Dengan demikian dapat diamalkan secara pasti dan bisa dijadikan hujjah.
  4. Hadits tersebut memiliki kandungan hukum baik dari kaidah lughawi, maupun substansial bahwa mencegah kemunkaran adalah wajib.
Tidak terdapat problematika hadits secara signifikan, akan tetapi memiliki perbedaan dari segi matan yang dituangkan dalam kitab mashadir al-ashliyah. Kendatipun demikian esensi haditsnya tidak terdapat pertentangan.

[1]  صحيح  مسلم،  الايمان : 70
[2]  سنن ترمذى ، الفتن عن رسو ل الله : 2098
[3]  سنن النساءى ، الايمان وشرانعه: 4922
[4]  سنن النساءى ، الايمان وشرانعه: 4923
[5]  سنن اب داود،  الملاحم : 3777
[6]  سنن اب داود،  الصلاة : 963
[7]  سنن ابن ماجة، اقامة الصلاة وسنة فيها،1265
[8]  سنن ابن ماجة، الفتن،4003
[9]  مسند  احمدبن حنبل، 10651
[10]  مسند  احمدبن حنبل، 10723
[11]  مسند  احمدبن حنبل، 11034
[12]  مسند  احمدبن حنبل، 11068
[13]  مسند  احمدبن حنبل، 11090
[14]  مسند  احمدبن حنبل، 11442
[15]  سنن اب داود،  الصلاة : 963
[16]  سنن اب داود،  الملاحم : 3777
[17]  سنن النساءى ، الايمان وشرانعه: 4923
[18] سنن ترمذى ، الفتن عن رسو ل الله : 2098
[19] صحيح  مسلم،  الايمان : 70
[20]  سنن ابن ماجة، الفتن،4003
[21]  مسند  احمدبن حنبل، 10651
[22]  مسند  احمدبن حنبل، 10723
[23]  مسند  احمدبن حنبل، 11068
[24]  مسند  احمدبن حنبل، 11442


Tidak ada komentar: